Tuesday, August 29, 2017

Move on!

Semakin ku sadari.
Media sosial semakin ga penting :(
Terlalu banyak pencitraan keliataannya. Atau mungkin itu nature manusia. Aktualisasi diri?

Yang sebenernya penting adalah media sosial buat jualan. Sepertinya lebih baik.
Wkwkwkw

Sunday, August 6, 2017

Anak sekolah minggu

Hari Minggu kemarin ini, kami belajar bersama tentang Penciptaan, bagaimana awal mula Tuhan menciptakan dunia.
Biasanya anak pra sekolah minggu kan ceritanya kemana-mana.
"mbak, mbak, kemarin aku renang hlo."
Teman yang lain nimbrung, "aku juga, aku juga, pernah renang di sana di hotel. Bareng sama sodaraku."
Bla bla bla...

Eh pas kemarin, entah kenapa ya. Seorang adik sekolah minggu yang baru saja menginjak kelas 1 SD bilang dengan lembut dan pelan,"Kalo aku, aku mendoakan teman yang baik dan yang jahat juga. Semuanya."
"Oh semuanya didoain?", kataku.
"Iya, kata mamaku gitu. Berdoa buat teman yangbaik danyang jahat juga"
"Wah" batinku.

Ya Tuhan, berilah aku iman dan kepercayaan seperti seorang anak kecil ini.
Dewasa ini, jujurly, dijahati sama orang tuh, hati ini nggak terima dan menggerutu terus !@#$$%^&*(
Kini diingatkan lagi, menggerutu, nggresulo itu tampak tak ada gunanya.....Percuma merespons banget2 terhadap kejahatan yang dilakukan seseorang atau beberapa orang kepada kita.
Kita diminta itu BERSERAH kepada Tuhan. Karena Tuhan lebih berkuasa dan Ia memang yang memiliki KUASA atas segala hal, termasuk segala ciptaa di muka bumi ini, termasuk manusia (dan otaknya).

Mendoakan orang yang jahat, mendamaikan hati jiwa dan pikiran kita.
Saya teringat ada seseorang yang pernah (aku merasa) menyakitiku. Aku hanya bisa mendoakan. Dari pesoalan hidup yang ada. Persoalan tentang 'relasi' itu, sangat menggangguku. Sudah berusaha meminta maaf (jika memang nyatanya aku salah) menyapa, dan menjaga relasi, tapi tidak di respons dengan baik. Lalu aku hanya berserah pada Tuhan saja dalam doa. Mewek T.T 
Beberapa hari kemudian, ia sendiri yang datang kepadaku dan meminta maaf.
Batinku, ah Puji Tuhan. Terima kasih Tuhan untuk pekerjaan-Mu.

Teringat Firman dari 1 Timotius 6:10
"Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah BEBERAPA orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka."

Berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Itu luar biasa. Allah tak melupakan umat-Nya. belajar juga dari ibu, yang sekalipun dijahati, ia terus berdoa. Berserah kepada Tuhan.

Wah ternyata ada berkat yang Tuhan berikan melalui mengajar menjadi guru sekolah minggu (rasido resign wkwkwkwkwk *fake*)

Thursday, June 29, 2017

Ito hasian #1

Ia sering membicarakan tentang Tuhan dan karunia.

Banyak orang yang mengatakan bahwa usaha itu sulit, spesifiknya usaha nananina. Namun apa dia kata? Ia bisa melakukannya karena Tuhan dan kasih karuniaNya.

Belum lama, kami membicarakan (lagi) satu ayat yang terkenal yaitu Matius 6:33.
Awalnya ia tidak mengetahui apa maksud ayat tersebut. Tapi kini sepertinya ia telah memahami dan mengerti, bahkan mengalami Firman tersebut.
Carilah kerajaan sorga terlebih dahulu. Itu berarti bahwa mengutamakan Tuhan itu adalah prioritas, berkorban bagi Tuhan itu adalah prioritas.
Maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu, yaitu pakaian, makanan, dan sebagainya (seperti apa yang terdapat dalam perikop ayat tersebut).
Konteksnya apa sih kok tiba-tiba ngomongin ayat itu?
Singkat cerita, banyak orang yang melakukan usaha itu sulit, termasuk usaha nananina. Namun oleh karena Tuhan saja, ia dituntun melakukan usaha. Ia melibatkan Tuhan dalam pergumulannya sehingga Tuhan memberkati.

Semuanya tanpa kecuali adalah berkat Tuhan.

Setiap waktu selalu bergumul BERSAMA Tuhan. Apapun yang menjadi kegelisahan atau pergumulannya, ia selalu 'rembugan' dengan Tuhan. Saat menonton tv, saat berdiam diri, saat dalam perjalanan, bahkan sebelum tidur.

Seringkali orang hanya melihat apa yg di depan mata, ya, karena demikian kebenarannya. Mungkin banyak orang yang tidak tahu bagaimana berat proses kehidupannya (dahulu), bagaimana ia menderita sebagai orang menyebutnya Kristen, bagaimana ia berjuang, bagaimana ia merindukan membantu pekerjaan Tuhan, bagaimana ia melibatkan Tuhan dalam hidupnya, dan setiap proses di dalamnya. . .
Aku percaya dia dituntun oleh Tuhan. Ia berhasil dalam kehidupannya oleh karena kerja samanya dengan Tuhan, tak pernah sedetik pun Tuhan meninggalkannya. Seperti tokoh Yusuf dalam Alkitab, bagaimana ia berhasil dalam segala hal yang dilakukannya, terlebih ia berhikmat, semuanya semuaaaanya oleh karena berkat Tuhan.

Pernah ia hidup sendiri, merantau di tempat yang asing. Dalam perjalanan hidupnya kala itu, ternyata ia sudah memiliki visi untuk berusaha. Namun, lama ia tidak berkebaktian karena butuh waktu berjam-jam lamanya untuk pergi ke tempat ibadah seperti biasanya. Oleh karena itu, ia hanya berkebaktian di tempat yang tidak seperti biasa. Pikirnya, yang penting mendapatkan Firman.

Suatu waktu, ketika ia di kantor sendiri. Ada suara yang mengatakan, yang kira-kira intinya "Pulanglah, kamu udah terlalu lama menjauh dari-Ku."

Setelah waktu yang cukup lama, ia bergumul untuk pulang kembali ke tempat asalnya. Sekalipun ada 3 bos yang memintanya untuk tetap stay di tempat kerjanya itu. Sekalipun ia tidak tau dengan jelas, apa yang hendak ia lakukan selanjutnya di tempat asal.

Akhirnya ia memutuskan untuk pulang. Bermodalkan yang cukup untuk berusaha (seperti visinya di awal).

Singkat cerita. Ada aja halangan yah, termasuk soal percintaan. Secara anak muda yakan. Putus cinta euy, di tempat asal.
Tapi jangan salah paham bahwa ia pulang karena seorang wanita. Patah hati oleh karena 'keinginannya' tidak terpenuhi ketika ia menyukai dan sudah berpikir jangka panjang tentang wanita itu. Ia pulang karena Tuhan yang menyuruhnya.

Finally now, ia menyadari bahwa rencana Tuhan itu luar biasa. Ia tidak mengerti maksud Tuhan saat itu. Namun ia mengerti saat ini(saat nanti). Dalam hal.pekerjaan maupun hal cinta.

Hidupnya.yang keras dahulu saat di perantauan membuatnya menjadi pribadi yang keras pula saat ini. Selalu ada tuntutan dalam dirinya untuk maju. Segala sesuatu harus segera diselesaikan. Cepat dan cepat. Pemikirannya.berkembang sedemikian rupa. Dan yang berbeda dari kebanyakan orang, ia adalah pribadi yang mampu memotivasi dirinya secara luar biasa. Memotivasi diri sendiri? Ya. Karena ia hidup di perantauan, tak.ada yang ia kenal seorang pun. So, ia memotivasi diri sendiri untuk maju. Bukan oleh karena hanya mengejar harta duniawi. TAPI IA HANYA MENGGUNAKAN KARUNIA TALENTA BAKAT YANG DIKARUNIAKAN TUHAN PADANYA. Sungguh ia menyadarinya. Seringkali berbicara tentang karunia Tuhan. Karena tanpa Tuhan, ia NOL sampai kini.

Keluar konteks.
Pernah dengar di radio. Disebut sukses itu karena hasil keberhasilannya, ia bagikan juga kepada orang lain.

Ia juga mengingat orang-orang yang berkekurangan dan membutuhkan. . . Dengan sukacita, ia berbagi.

Itulah mengapa dalam semua hal yang aku bagikan di atas, aku mau bekerja sama dengannya. Karena aku seperti dibukakan jalan dan pikiran, untuk melakukan usaha.
Bukan dalam hal materiil SAJA, tetapi dalam hal ROHANI.
Dan bukan sebagai saudara saja seringkali, tapi sebagai orang lain, partner kerja, yang menopangku, mengajarku tanpa lelah.

Keliatan begitu sempurna. Tapi KELIATANNYA setiap manusia ada aja duri dalam dagingnya.

Mohon maaf lahir dan batin

(Postingan kemarin2, baru di post hari ini)

Sunday, June 18, 2017

Amin ya Allah

Berikanlah kami hati yang rendah hati, lemah lembut, dan panjang sabar ya Tuhan.
Hati yang benar-benar dan tulus dalam mengampuni orang yang bersalah kepada kami, entah sadar atau tidak ketika dia melakukan hal yang membuat hati kami merasa "sobek".
Terpujilah Tuhan yang menjadi Sumber Kekuatan kami. Biarlah damai sejahtera melingkupi kami senantiasa dan kami terus maju melangkah ke depan tanpa terhalang "satu titik hitam pada kertas putih A4". Ampunilah kami semua supaya kami patut di hadapan-Mu. Insaf kan lah kami dengan Roh Kudus-Mu dalam kami. KASIH KARUNIA-MU CUKUP. Biarlah Kau menjadi andalanku untuk menghadapi gadul singa-singa.
AMIN AMIN AMIN.

Thursday, May 11, 2017

Merukunkan diri ? Mengampuni ?

Apakah bentuk pengampunan itu sesederhana 'memberi sapa atau salam'?

Seorang adik yang sedang bertumbuh mengatakan hal yang paling sulit untuk mengampuni/ mengasihi musuh adalah menundukkan diri sendiri.
Terasa berat untuk mengasihi orang yang bersalah PADA DIRI.
Terasa tidak mudah untuk mengampuni orang yang telah melakukan hal yang tidak adil PADA DIRI.
Nggak kuwat. Penolakan pada diri sendiri. Sulit menyangkal diri.

Kadang semesta suka 'bercanda'. Tapi diri kadang menganggapnya 'serius', lalu embuh. Tidak terselesaikan.

Yang lebih esensi dari memberi sapa atau salam adalah :
Tidak mengingat-ingat dan tidak membangkit-bangkit kesalahan orang . . . . .
Hal yang tidak nampak.
Tetapi siapa yang tahu? Bukankah hidup ini bukan untuk dilihat orang dan menyenangkan diri sendiri?

Ternyata, dia mampu mengasihi dan mengampuni. Mampu karena ada kekuatan anugerah yang membuatnya mampu untuk menanggung  s e g a l a  perkara.
Semuanya mungkin karena ada tangan yang berlipat.

Lihat! Semesta pun turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.

Semakin menyadari bahwa semua itu adalah proses. Proses bertumbuh menjadi pribadi yang serupa dengan Kristus.

Thursday, February 9, 2017

The Marriage Prayer

Song by : John Waller feat Josee Waller

Father, I said till death do us part
I want to mean it with all of my heart
Help me to love You more than I love her
Then I know I can love her more than anyone else

And bring her in Your presense today
Make her what You want her to be

I pray . . . to hear her heart
I pray . . . she'll love You more
I pray . . . to cherish and serve her
And we'll bring You glory today
I pray . . . I pray

Father, I said till death do us part
I want to mean it with all of my heart
Help me to love You more than I love him
Then I know I can love him more than anyone else

And bring him in Your presence today
Make him what You want him to be

I pray . . . to hear his heart
I pray . . . he'll love You more
I pray . . . to stengthen and serve him
We'll bring You glory today
I pray . . .

Lord, help me love her
As You love the church, Your bride

Help me submit to him as I submit to You, my life

I pray . . . to hear her heart
I pray . . . he'll love You more
I pray . . . to cherish and serve her
And we'll bring You glory today
I pray . . . to hear her heart
I pray . . . she'll love You more
I pray . . . to cherish and serve her
And we'll bring You glory today
I pray . . .

This is my prayer. Amen.

Sunday, January 8, 2017

FOR KING and COUNTRY : Shoulders


Ini lagu. Jadi original soundtrack of my life in several months since towards the end of the year 2016.

Psalms 121
Beberapa waktu memang merenungkan ayat ini.

Thanks Petri! Yang tetiba ngasih buanyak lagu yang bagus2 via whatsapp! Salah satunya lagu ini. Asik. Maknanya pun dalam. Nyambung banget sama Psalms 121.
Thanks sissy :3

Ada teman, sahabat yang ku rasa bisa ku andalkan sewaktu-waktu. Eh tapi ternyata, cara pandang ku salah besar. Bukan manusia lah yang selayaknya aku andalkan sewaktu-waktu. Tapi Dia yang layak dan patut ku andalkan. Dialah pertolonganku. Satu-satunya. Bukan manusia.
Jadi tau rasanya patah hati :/ sekalipun belum pernah punya pacar tapi berasa punya mantan. Ya gini rasanya. Dududuh,yan.
Belajar satu hal lagi.
Yang dapat memuaskan kekosongan hati dan kebutuhan jiwaku(mu) hanyalah Kristus. :) sebab Dia yang menciptakanmu. Pada mulanya adalah Firman. Dia lah Firman itu. Dia memegang kendali penuh atas hidup kita. Bagian kita adalah apakah "hati" kita mau dipenuhi oleh Dia? Pilihlah!
Semoga damai sejahtera menyertaiku. Dan menyertaimu.

bucket list

Menuliskan bucket list on my private notes sebelum telolet. Tapi sepertinya semua tidak diberi kesempatan (:
.
All I have needed Thy hand hath provided
.
3 jawaban : ya, tidak, tunggu/tunda.
Semoga diberi kekuatan untuk menerima jawaban. Apapun itu.
Terutama jawaban "tidak dan tunggu" 😆

Monday, January 2, 2017

2016 ?

Menggambarkan tahun 2016 dengan warna?
Abu-abu.

Tahun pergumulan :"

Apa maksud semuanya?
"Segala hal terjadi atas kehendak Tuhan. Tuhan tidak memberikan semua yang kita inginkan. Tapi Dia memberikan yang kita butuhkan."

Banyak hal yang ku ingini di tahun 2016. Tapi tidak selalu dikabulkan oleh Tuhan. . .

Ya, tidak, dan tunggu !
Jawaban doa yang terkenal yakan? Untuk jawaban doa 'tidak' dan 'tunggu', seperti butuh tenaga ekstra untuk menerimanya hahaha. Tapi semoga Tuhan beri kekuatan untuk menanggungnya.

Satu hal : BERSYUKURLAH, yan!!!!!!!

Rasa syukur dan terima kasih kepada Allah, itu lah yang dikehendaki :"

JUJURLYYYYYY :"
Dari relung hatiku yang paling dalam!!!
Saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. :(
Banyak kesalahan yang ku perbuat. Di sisi lain, aku bersyukur untuk setiap orang yang ikut ambil bagian dalam proses kehidupanku. . .
Mohon maaf lahir batin ya. Maaf kalo ada hal-hal yg kurang berkenan. Pengen ngomong secara pribadi, tapi pesan ku tak kunjung di read.

_______________________________________

Filipi 4:20 (TB)  Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.

Bagaimana supaya dapat memuliakan Allah?
Kita musti menyadari bahwa kita adalah anak Allah, yang mengenal Bapa. Mengenali perbuatan-Nya yang ajaib dan kasih setia-Nya yang tidak pernah habis :" , mengenali ciptaan-Nya di bumi serta alam yang indah, mengenali anugerah-Nya bahwa Tuhan Yesus menebus dosa kita. More more more than enough!!

Pengenalan kita akan Allah Bapa kita yang membuat kita memuliakan Tuhan.

Melalui apa?
Melalui ucapan syukur kepada Tuhan, hati yang bersyukur, memuji Tuhan dalam hati, menyanyi dan memuji Tuhan.

Glory be to God, our Father!
Amin

Semoga postingan ini memberi berkah. Aminnn

:D
__________________________

Bersyukurlah! Di masa mudamu(ku) diberi kesempatan untuk melayani Tuhan :" it is  g r a c e .